BAB I
PENDAHULUAN
LATAR
BELAKANG MASALAH
Eastman Kodak Company
merupakan sebuah perusahaan multinasional yang berbasis
di Rochester, New York. Didirikan oleh George
Eastman dan Henry Strong pada tahun 1892.Perusahaaini
menghasilkan berbagai macam produk kamera, fotografi, pencetak,
dan lain-lain. Selama abad ke-20, Kodak memegang peranan yang dominan dan
menjadi pioner dalam perkembangan fotografi film, bahkan pada
tahun 1976 menguasai 90% market di Amerika Serikat. Saat itu
Kodak terkenal dengan tagline-nya "Kodak moment".
Namun memasuki abad ke-21,
perusahaan ini mulai mengalami kemunduran dan pada 19 Januari 2012,
perusahaan ini resmi mengajukan permohonan mendapat perlindungan kepailitan.
Ini berawal, sejak diketemukannya teknologi digital fotografi, fotografi film
mulai ditinggalkan dan berdampak terhadap merosotnya kinerja Kodak.
Kodak
Digital merupakan teknologi yang mempunyai keterkaitan langsung dan
berkembang dari teknologi yang sama seperti ketika berfungsi untuk merekam
gambar pada televisi. Pada tahun 1951, untuk pertama kalinya video tape
recorder (VTR) mengambil gambar dari kamera televisi, kemudian mengkonversi
informasi tersebut menjadi suatu impuls listrik (digital) dan menyimpan
informasi tersebut ke dalam tape magnetis. Seorang ahli Bing Crosby
Laboratorium (tim peneliti yang didanai oleh seorang insinyur bernama Vrosby
dan dipimpin oleh John Mullin) membuat versi awal dari VTR. Pada tahun 1956,
teknologi VTR telah disempurnakan (VR1000 yang dibuat oleh Charles P. Ginsburg
dan Ampex Corporation) dan umum dipakai oleh industri televisi. Antara
televisi/kamera video dan kamera digital yang menggunakan CCD (Charged Couple
Device)untuk mengatur warna dan intensitas cahaya. Pada saat itu pula era
kamera digital telah dimulai dengan sangat pesat.
Pada tahun
1981, Sony memperkenalkan kamera elektronik komersil pertama mereka yang
disebut Mavica. Gambar yang direkam ke mini disc dan kemudian dimasukkan ke
dalam video reader yang terhubung ke monitor atau televisi warna. Walaupun
Mavica belum dapat dikatakan kamera digital, itu sebenarnya merupakan
modifikasi kamera video yang mengambil foto secara spontan.
Sejak
pertengahan tahun 1970-an, Kodak memiliki beberapa penemuan tentang
solid-state/kejernihan untuk sensor gambar yaitu mengubah cahaya ke gambar
digital untuk penggunaan pada tingkat profesional dan konsumen rumah tangga.
Pada tahun 1886, ilmuwan Kodak untuk pertama kalinya di dunia mengenalkan
sensor megapixel, dimana sensor ini mampu merekam 1,4 juta pixel yang dapat
menghasilkan 5×7 inci foto digital cetak berkualitas baik pada saat itu. Pada
tahun 1987, Kodak merilis tujuh produk untuk merekam, menyimpan, memanipulasi,
transmisi elektronik, dan mencetak sesuatu seperti gambar suatu objek. Pada
tahun 1990, Kodak mengembangkan sistem foto CD dan mengusulkan pertama kalinya
di seluruh dunia untuk menetapkan standar warna digital dalam lingkungan
komputer dan peripheral komputer. Pada tahun 1991, Kodak merilis pertama
kalinya untuk para profesional, suatu sistem dalam pemotretan yanitu Digital
Camera System (DCS), yang bertujuan untuk photo journalist. Kamera tersebut
adalah Nikon yang dilengkapi dengan sensor 1.3 Megapixels.
Kamera
digital yang pertama untuk tingkat konsumen pasar yang bekerja dengan komputer
rumah melalui USB (Unit serial Bus) adalah kamera QuickTake 100 Aplle (17
Februari 1994), kamera Kodak DC40 (28 maret 1995), Casio QV-11 (dengan monitor
LCD, akhir 1995), dan Sony Cyber-Shot Digital Still Camera (1996). Namun, kodak
memasuki era tersebut dengan agresif kampanye pemasaran untuk memajukan DC40
dan membantu memperkenalkan gagasan digital fotografi kepada masyarakat.
Kinko’s dan Microsoft bekerja sama dengan Kodak Digital untuk membuat gambar
digital yang menggunakan software di berbagai tempat kerja dan kios foto,
dimana para pelanggan diizinkan untuk memproduksi CD foto, gambar digital, dan
kemudian dapat menambahkan ke dokumen komputer mereka. IBM bekerja sama dengan
Kodak membaut internet berbasis jaringan pertukaran gambar.
PERUMUSAN
MASALAH
Study
Kasus
Industri :Produk Microfilm
Masalah : Relokasi Manufaktur luar negeri,
Nilai tukar , tingkat upah, dan analisis
kuantitatif untuk keputusan lokasi.
Lokasi : Rochester (NY),
Malaysia, Mexico, Thailand, dll.
KasusUtama : DIVISI SISTEM GAMBAR BISNIS KODAK
DAN CATATAN
MODEL ROI
Menggambarkan
keputusan produk mengenai dari beberapa tempat manufaktur. Membandingkan tipe
produk (dengan struktur biaya yang berbeda) dan beberapa lokasi di dunia.
Menyajikan sebuah framework (model) untuk membandingkan evaluasi pilihan –
pilihan. Mengidentifikasi faktor – faktor yang relevan dalam mengevaluasi
keputusan – keputusan sumber manufaktur dan mengilustrasikan bagaimana
kompleksitas yang terjadi dapat diselesaikan secara efektif.
- Bandingkan apakah pendekatan yang diambil oleh Keith dan Andy untuk mengevaluasi keputusan lokasi manufaktur Kodak Internasional sudah sama dengan apa yang dilakukan oleh para manager Kodak BISD.
- Mengapa para manager Kodak mempertimbangkan pabrik printer dan rider mikrofilm di luar negeri ?
- Keith dan Andy sudah mempertimbangkan sejumlah analisis sensitivitas ROI Internasional dan beberapa isu – isu strategik yang penting sebelum membuat rekomendasi kepada manager Kodak. Mereka menyimpulkan bahwa seharusnya tidak memindahkan pabrik printer dan rider mikrofilm jauh dari Rochester. Apakah anda setuju ? mengapa jika tidak setuju ? isu apa yang bisa mendasari rekomendasi yang anda berikan. Pertanyaan apa yang harus diberikan jika anda manager kodak.
BAB II
PEMBAHASAN
LANDASAN
TEORI
TEORI LOKASI
Teori lokasi
dapat didefinisikan sebagai ilmu yang menyelidiki tata ruang (spatial order)
kegiatan ekonomi atau dapat juga diartikan sebagai ilmu tentang alokasi secara
geografis dari sumber daya yang langka, serta hubungannya atau pengaruhnya
terhadap lokasi berbagai macam usahaataukegiatanlain.Secara
umum, pemilihan lokasi (Hoover dan Giarratani, 2007) ditentukan oleh beberapa
faktor, antara lain :
- Bahan baku lokal (local input).
- Permintaan lokal (local demand).
- Bahan baku yang dapat dipindahkan (transferred input)
- Permintaan luar (outside demand).
Von Thunen
(1826) mengidentifikasi tentang perbedaan lokasi dari berbagai kegiatan
pertanian atas dasar:
- Perbedaan sewa lahan (pertimbangan ekonomi).
- Tingkat sewa lahan paling mahal di pusat pasar dan makin rendah apabila makin jauh dari pasar.
- Menentukan hubungan sewa lahan dengan jarak ke pasar dengan menggunakan kurva permintaan.
- Berdasarkan perbandingan (selisih) jenis produksi antara harga jual dengan biaya produksi untuk membayar sewa lahan (makin tinggi kemampuannya untuk membayar sewa lahan, makin besar kemungkinan kegiatan itu berlokasi dekat ke pusat pasar) pertanian atas dasar.
Weber (1909)
menganalisis tentang lokasi kegiatan industri. Menurut teorinya pemilihan
lokasi industri didasarkan atas: prinsip minimisasi biaya, bahwa lokasi setiap
industri tergantung pada total biaya transportasi dan tenaga kerja di mana
penjumlahan keduanya harus minimum. Artinya tempat di mana total biaya
transportasi dan tenaga kerja yang minimum adalah identik dengan tingkat
keuntungan yang maksimum.
Menurut
Weber ada tiga faktor yang mempengaruhi lokasi industri, sebagai berikut:
1.
Biaya transportasi.
2.
Upah tenaga kerja.
3.
Kekuatan aglomerasi atau deaglomerasi.
Ahli-Ahli Lain Tentang Penentuan
Lokasi, Sebagai Berikut:
- Richardson (1969) mengemukakan bahwa aktivitas ekonomi atau perusahaan cenderung untuk berlokasi pada pusat kegiatan sebagai usaha untuk mengurangi ketidakpastian dalam keputusan yang diambil guna meminimumkan risiko. Dalam hal ini, baik kenyamanan (amenity) maupun keuntungan aglomerasi merupakan faktor penentu lokasi yang penting, yang menjadi daya tarik lokasi karena aglomerasi bagaimanapun juga menghasilkan konsentrasi industri dan aktivitas lainnya.
- Teori Lokasi dari August Losch melihat persoalan dari sisi permintaan (pasar), berbeda dengan Weber yang melihat persoalan dari sisi penawaran (produksi). Losch mengatakan bahwa lokasi penjual sangat berpengaruh terhadap jumlah konsumen yang dapat digarapnya. Makin jauh dari tempat penjual, konsumen makin enggan membeli karena biaya transportasi untuk mendatangi tempat penjual semakin mahal. Losch cenderung menyarankan agar lokasi produksi berada di pasar atau di dekat pasar.
- Teori Christaller (1933) menjelaskan bagaimana susunan dari besaran kota, jumlah kota, dan distribusinya di dalam satu wilayah. Model Christaller ini merupakan suatu sistem geometri, di mana angka 3 yang diterapkan secara arbiter memiliki peran yang sangat berarti dan model ini disebut sistem K = 3. Model Christaller menjelaskan model area perdagangan heksagonal dengan menggunakan jangkauan atau luas pasar dari setiap komoditi yang dinamakan range dan threshold.
- D.M. Smith memperkenalkan teori lokasi memaksimumkan laba dengan menjelaskan konsep average cost (biaya rata-rata) dan average revenue (penerimaan rata-rata) yang terkait dengan lokasi. Dengan asumsi jumlah produksi adalah sama maka dapat dibuat kurva biaya rata-rata (per unit produksi) yang bervariasi dengan lokasi. Selisih antara average revenue dikurangi average cost adalah tertinggi maka itulah lokasi yang memberikan keuntungan maksimal.
- McGrone (1969) berpendapat bahwa teori lokasi dengan tujuan memaksimumkan keuntungan sulit ditangani dalam keadaan ketidakpastian yang tinggi dan dalam analisis dinamik. Ketidaksempurnaan pengetahuan dan ketidakpastian biaya dan pendapatan di masa depan pada tiap lokasi, biaya relokasi yang tinggi, preferensi personal, dan pertimbangan lain membuat model maksimisasi keuntungan lokasi sulit dioperasikan.
- Menurut Isard (1956), masalah lokasi merupakan penyeimbangan antara biaya dengan pendapatan yang dihadapkan pada suatu situasi ketidakpastian yang berbeda-beda. Isard (1956) menekankan pada faktor-faktor jarak, aksesibilitas, dan keuntungan aglomerasi sebagai hal yang utama dalam pengambilan keputusan lokasi.
Menurut
Andrew Bartmess dan Keith Cerny, terdapat lima kriteria untuk menilai kebutuhan
akan relokasi :
- ComplexityRequired level of interaction
- Similarity of background and expertise
- Requirement of a prior relationship
- Concreteness of Information
Faktor-faktor yang mempengaruhi
lokasi pabrik antara lain:
- Lingkungan masyarakat
- Kedekatan dengan pasar
- Tenaga kerja
- Kedekatan dengan bahan mentah dari pemasok
- Fasilitas dan biaya transportasi
- Sumberdaya alam lainnya
Hambatan dalam pemilihan lokasi:
- Lokasi sulit mendapatkan tenaga kerja
- Lokasi dengan harga tanah murah, tetapi kondisinya jelek sehingga perlu biaya mahal untuk membuat pondasi
- Lokasi diluar kota dengan harga murah, tetapi fasilitas prasarana jalan dan saran transportasi belum dibangun
- Lokasi di sekitar pemukiman dan sulit membuang limbah.
Model
gravitasi adalah model yang paling banyak digunakan untuk melihat besarnya daya
tarik dari suatu potensi yang berada pada suatu lokasi. Model ini sering
digunakan untuk melihat kaitan potensi suatu lokasi dan besarnya wilayah
pengaruh dari potensi tersebut. Model ini dapat digunakan untuk menentukan
lokasi yang optimal.
RESIKO DARI
NILAI TUKAR VALUTA ASING DAN BIAYA MODAL
Resiko dari
nilai tukar valuta asing dan biaya modal. Valuta asing merupakan perubahan
nilai dari suatu mata uang ke mata uang lainnya. Suatu negara dapat menggunakan
valuta asing dimiliki untuk melakukan pembayaran pada negara lain. Valuta asing
akan mempunyai suatu arti apabila valuta tersebut dapat ditukarkan dengan
valuta lainnya tanpa pembatasan. Biaya modal merupakan biaya yang harus
dikeluarkan atau dibayar oleh perusahaan untuk mendapatkan modal yang digunakan
untuk investasi perusahaan. Dengan melakukan kegiatan di bursa valuta asing dan
di pasar modal global perusahaan memiliki resiko yang besar diantaranya :
- Perubahan nilai tukar mata uang yang tidak stabil yang dapat mempengaruhi besarnya tingkat bunga yang harus dibayar, misalnya pada awal peminjaman nilai tukar stabil sehingga tingkat bunga rendah tapi setelah terjadi pergerakan nilai tukar (melemah) peminjam harus membayar bunga lebih tinggi.
- Jika terjadi gejolak ekonomi, politik, dan keamanan investor dapat tiba-tiba menarik investasinya atau membatalkan investasinya.
- Jika nilai tukar suatu mata uang tinggi akan mendorong terjadinya impor dan menghambat ekspor dan sebaliknya.
NILAI TUKAR
VOLATILE DAPAT DIOPERASIKAN DI RISKBY DONALD R. LESSARD DAN JHON B. LIGTSTONE
Sebagian
besar eksekutif senior memahami bahwa nilai tukar yang berubah dapat
mempengaruhi nilai dolar aset perusahaan mereka dan kewajiban moneter dalam
mata uang asing. Tidak banyak, bagaimanapun, memahami bahwa nilai tukar dapat
memiliki dampak serius pada laba usaha. Beberapa perusahaan telah diberi
tanggung jawab manajer untuk mengawasi eksposur operasi ini. Namun demikian,
operasi paparan sering menjadi penyebab besar variabilitas laba usaha dari
tahun ke tahun, dan banyak keputusan tergantung pada pemahaman yang baik
tentang itu.
Dalam jangka
panjang, manajer harus mempertimbangkan pemaparan operasi menyusun strategi dan perencanaan produk di
seluruh dunia. Dalam jangka pendek, pemahaman paparan operasi sering akan
meningkatkan operasi keputusan. Selain itu, evaluasi unit bisnis dan manajer
perusahaan harus terjadi setelah efek nilai tukar telah diperhitungkan karena
mereka berada di luar kendali manajemen.
Paparan
Operasi menjadi lebih penting karena beberapa alasan. Kurs lebih berfluktuasi
di dunia tingkat bunga mengambang dikelola daripada selama periode ekspansi AS
di ekonomi internasional. Semakin banyak, negara-negara yang mengikuti
kebijakan moneter yang berbeda. Pada saat yang sama, pasar menjadi lebih
global. Amerika Serikat tidak lagi memiliki 70% atau 80% pangsa pasar dunia
dalam industri kunci, tetapi pasar saham lebih sama dengan Eropa dan Jepang.
Karena
perubahan ini, nilai tukar terhadap laba operasi perusahaan dalam industri
berdaya saing global, apakah mereka mengekspor produk mereka. Bahkan, perubahan
nilai tukar seringkali dapat mempengaruhi laba usaha perusahaan yang tidak
memiliki operasi di luar negeri atau ekspor tetapi menghadapi persaingan asing
penting dalam pasar domestik mereka.
Dengan
memahami perilaku jangka panjang dan jangka pendek nilai tukar, kita dapat
mengerti bagaimana mereka mempengaruhi laba usaha. Dalam jangka panjang,
perubahan kurs mata uang nominal dolar-mata uang asing cenderung hampir sama
dengan perbedaan antara AS dan tingkat inflasi asing dalam harga barang yang
diperdagangkan. Jika tingkat inflasi AS adalah 4% lebih tinggi dari Jerman
sepanjang tahun, tanda deutsche akan cenderung memperkuat sekitar 4% terhadap
dolar. Hubungan jangka panjang antara nilai tukar dan tingkat harga-biasanya
disebut paritas daya beli (PPP)-menunjukkan bahwa perubahan daya saing antar
negara, yang dinyatakan akan timbul karena tingkat inflasi yang tidak sama,
cenderung diimbangi oleh perubahan yang sesuai pada nilai tukar. Dalam jangka
pendek dari enam bulan sampai beberapa tahun, bagaimanapun, nilai tukar yang
tidak stabil dan sangat mempengaruhi daya saing perusahaan yang menjual ke
pasar yang sama tetapi mendapatkan bahan-bahan dan tenaga kerja dari berbagai
negara.
Perubahan
jangka pendek dalam hasil daya saing relatif dari perubahan kurs nominal yang
tidak diimbangi oleh perbedaan dalam tingkat inflasi di kedua negara. Jika
tanda deutsche memperkuat 4% terhadap dolar dan tingkat inflasi Jerman adalah
1%, eksportir AS ke pasar Jerman dilayani terutama oleh produsen Jerman akan
melihat naik nya harga dolar 5%. Namun, jika tingkat inflasi di Amerika Serikat
adalah 4%, atau 3% lebih tinggi dari tingkat inflasi Jerman, margin operasi
dari produsen AS akan naik hanya satu persen.
Contoh ini
menunjukkan bahwa perubahan daya saing relatif tidak tergantung pada perubahan-nominal tingkat
jumlah tanda deutsche tukar diperoleh untuk setiap dolar-tetapi pada perubahan
nilai tukar riil, yang perubahan kurs nominal minus perbedaan
tingkat inflasi di kedua negara. Dengan demikian, dalam hal eksportir AS untuk
Jerman, perubahan kurs nominal adalah 4% tetapi perubahan kurs riil (yang
kemudian mempengaruhi laba operasi) hanya 1%.
Karena
perubahan nilai tukar riil mencerminkan penyimpangan dari PPP, selama jangka
waktu yang lama perubahan kumulatif dalam nilai tukar riil cenderung lebih
kecil daripada nilai tukar nominal. Volatilitas nilai tukar riil dalam jangka
waktu enam bulan sampai beberapa tahun, bagaimanapun, menyebabkan variabilitas
berlebihan dalam operasi marjin.
KETIDAKPASTIAN,
KONTRAK DAN FLEKSIBILITAS TINGKAT UPAH
Aliran
kuantitas yang menggunakan dasar teori klasik mengasumsikan bahwa situasi yang
dihadapi masyarakat adalah pasti dan pasar tenaga kerja yang bekerja sempurna.
Dengan pasar tenaga kerja yang sempurna, proses tatonementakan
menjamin terbentuknya keseimbangan dan kestabilan tingkat upah, serta kepastian
masa depan. Model keseimbangan umum Walras yang memakai dasar teori klasik
mengasumsikan hal yang sama. Ini berarti terdapat implikasi bahwa proses
transaksi tidak akan terjadi sampai keseimbangan tercapai. Friedman secara
eksplisit menyatakan bahwa teori moneternya didasarkan pada persamaan-persamaan
keseimbangan umum dari Walras dan juga menyatakan bahwa semua antisipasi akan
menjadi kenyataan pada jangka panjang.
Keynes
sebaliknya, menyatakan bahwa uang penting karena menjembatani masa sekarang dan
masa mendatang.Hal tersebut hanya dapat berlaku apabila terdapat ikatan-ikatan
kontrak dalam satuan uang yang kontinu sepanjang waktu.Keinginan orang untuk
memegang uang sebagai bentuk kekayaan menunjukkan adanya ketidakpercayaan
seratus persen terhadap perkiraan-perkiraan dan perhitungan masa
mendatang.Artinya terdapat ketidakpastian yang selalu terjadi dan tidak dapat
dihindari.
Keynes
menyatakan bahwa bila keadaan dunia selalu dipenuhi kepastian, dan semua
harapan serta antisipasi masyarakat selalu terwujud, orang tidak perlu memegang
uang karena tidak rasional. Uang dalam situasi seperti yang diasumsikan oleh
kaum klasik merupakan suatu jenis aset yang memberikan jasa berupa likuiditas
yang lebih kecil dibandingkan dengan biaya memegangnya, jadi return memegang
uang adalah negatif, yang tidak mungkin terjadi.
Industri : Produk Mikrofilm
Masalah :
- Relokasi pembuatan dan produk yang diluncurkan
- Resiko nilai tukar
- Ketidakpastian upah gaji
Lokasi : US (Amerika Serikat
PRODUK
MIKROFILM PADA NEGARA AMERIKA
Perusahaan Kodak saat
ini telah menjadi perusahaan besar yang menyediakan produk teknologi pencitraan
dan jasa ke pasar komunikasi fotografi diseluruh dunia. Kodak beroprasi dalam
tiga segmen: Consumer Digital Imaging Group (CDG); Film, Photofinishing, dan
Entertainment Group (FPEG); dan Grafis Communications Group (GCG). Segmen CDG
menawarkan kepada konsumen digital dan perangkat, termasuk digital dan kamera
video, bingkai foto digital, imaging,
aksesoris, produk memori, printer snapshot dan media terkait; kios ritel dan
bahan habis pakai, alur kerja konsumen dan pengecer perangkat lunak, pemantauan
jarak jauh bisnis, toko retail merchandising dan program identitas, dan setelah
penjualan pelayanan dan dukungan; sensor pencitraan, dan all-in-one printer
inkjet. Hal ini juga menyediakan barang online dan layanan berbagi.
Segmen FPEG terdiri
dari produk fotografi tradisional dan layanan, termasuk kertas, film, dan kimia
yang digunakan untuk konsumen, profesional, dan aplikasi imaging industri,
serta produk-produk dan jasa yang digunakan dalam pembuatan film. Ia memproduksi
dan memasarkan film, konsumen, profesional, industri, dan film udara,
satu-waktu menggunakan kamera, kertas foto fotografi dan bahan kimia, dan
komponen industri.
Segmen GCG
menyediakan peralatan prepress digital dan tradisional dan bahan habis pakai, termasuk
piring, kimia, dan media; perangkat lunak alur kerja dan pengembangan
pengendali digital, warna, dan peralatan electrophotographic hitam dan putih
dan bahan; sistem pencetakan inkjet komersial, produksi dan workgroup scanner
dokumen, dan mikrografi peripheral dan media. Ini juga menyediakan layanan
pencitraan; dan jasa pemeliharaan dan profesional untuk produsen produk lain.
Segmen ini melayani berbagai pelanggan di pabrik, kreatif dalam-, data center,
percetakan komersial, kemasan, koran, biro jasa dan segmen pasar digital.
Perusahaan ini didirikan pada tahun 1880 dan bermarkas di Rochester, New York.
Dengan slogan "Anda menekan
tombol, kita melakukan sisanya," menempatkan George Eastman kamera
sederhana pertama ke tangan konsumen dunia pada tahun 1888. Dengan demikian, ia
membuat suatu proses rumit dan rumit mudah digunakan dan dapat diakses oleh
hampir semua orang.
Sejak saat itu, Eastman Kodak Company telah memimpin jalan dengan
kelimpahan produk baru dan proses untuk membuat fotografi sederhana, lebih
berguna dan lebih menyenangkan. Bahkan, hari ini Kodak dikenal tidak hanya
untuk fotografi, tapi juga untuk gambar yang digunakan dalam berbagai rekreasi,
komersial, hiburan dan aplikasi ilmiah. Jangkauannya semakin melibatkan
penggunaan teknologi untuk menggabungkan gambar dan informasi - menciptakan
potensi untuk sangat mengubah cara orang dan berkomunikasi bisnis seperti
Eastman memiliki tujuan untuk membuat fotografi "senyaman pensil,"
Kodak terus memperluas kehidupan sehari-hari orang-orang cara menyentuh gambar
itu. Perusahaan peringkat sebagai perusahaan multinasional terkemuka, dengan
merk yang diakui di hampir setiap negara di seluruh dunia Kodak telah
membuatnya menjadi mudah untuk menikmati gambar Anda. Ungkapan "Kau Tekan
Tombol, Kami melakukan istirahat 'adalah sebuah slogan iklan umum di tahun
1890-an. Ungkapan akrab juga mengatur musik. Kunjungi sejarah interaktif kami
produk Kodak untukmendengarkan dan melihat beberapa produk terbaru saat ini
digital dan film awal kami dan kamera dari tahun 1980-an. Home tentang
Privatisasi Syarat Kodak Situs Berita & Media Blogs RSS Feed Peta Situs.
MIKROFILM
DAN PENYIMPANAN MIKROFILM
Kodak mikrofilm
menawarkan kinerja tak tertandingi, penanganan, dan digital-siap gambar. Kami
menyediakan segala sesuatu dalam film dari duplikasi ke dokumen sumber, Wet to
Dry Laser COM COM, dan seterusnya. Kodak Mikrofilm Penyimpanan adalah cara
mudah untuk menyederhanakan roll penyimpanan mikrofilm dan pengambilan di
kantor Anda. Hanya berbicara dengan para profesional micrographics yang menjual
produk-produk Kodak. Kodak berkomitmen dengan program lingkungan hidup,
termasuk pemulihan perak dan daur ulang HDPE.
DESKRIPSI
PRODUK MIKROFILM DAN PENYIMPANAN MIKROFILM
Untuk keabadian dalam gambar digital ,
dengan kualitas tinggi duplikat dan kertas bersih renyah mencetak, dengan
menggunakan KODAK Referensi Arsip Media.
SUMBER
DOKUMEN
Bekerja dengan peralatan putar dan
planet; paparan fluorescent atau xenon flash; kecepatan sedang atau tinggi,
kita punya perak halida Sumber Dokumen Mikrofilm.
SILVER DAN FILM
DUPLICATING NON - SILVER
KODAK Duplicating Film berkisar dari
butiran mikro-halus, perak halida reverse-gambar untuk diazo D Tonal Black
Mikrofilm untuk film Vesikular. Dan menggunakan film Kodak cetak panas untuk
menghasilkan salinan distribusi dalam format fiche atau roll atau film kamera
lain asli.
BASAH
KODAK COM MICROFILM
Basah Kodak COM mikrofilm menawarkan
banyak manfaat, sewaktu menggunakan kimia kurang dari film tradisional.
PENYIMPANAN
MICROFILM
Cara mudah untuk mengatur penyimpanan
mikrofilm yang dibuat.
ANALISIS
MICROFILM PRODUCT YANG TERDAPAT DI NEGARA AMERIKA
RELOKASI
PEMBUATAN DAN PRODUK YANG DILUNCURKAN
Baltimore
(10 Februari 2011) - Vertis Komunikasi , yang berbasis komunikasi pemasaran hasil perusahaan yang
memberikan periklanan inventif, pemasaran langsung dan solusi interaktif untuk
merek-merek terkemuka di Amerika Utara. Mengumumkan instalasi teknologi baru,
yang akan meningkatkan kemampuan dan memberikan opsi baru untuk klien. Vertis
adalah menambah platemaking saat ini solusinya melalui penambahan KODAK FLEXCEL NX Digital flexographic
Platemaking Sistem untuk menghasilkan kualitas pencetakan piring-tinggi
untuk printer kemasan fleksibel dan pemilik merek. Fungsionalitas canggih yang
NX FLEXCEL Sistem akan memungkinkan Vertis, seorang pemimpin didirikan di
platemaking flexographic, untuk menawarkan kemasannya keuntungan pelanggan yang
melampaui batas-batas cak Flexo tradisional. Barang kemasan konsumen perusahaan
dan konverter kemasan akan menyadari sejumlah keuntungan dari sistem, termasuk:
- Kualitas : Konsisten merek representasi melalui benar satu-ke-satu reproduksi gambar dari file ke plate, kepadatan cetak yang lebih tinggi, lebih baik kontras cetak dan nada bersih.
- Efisiensi : Posisi kompetitif dan kecepatan-ke-pasar melalui waktu file berkurang persiapan dan lebih cepat set-up.
- Nilai : Mengurangi biaya produksi berkat lebih tahan lama, memperpanjang hidup berjalan piring mampu lagi.
- Konservasi : Didorong oleh pengurangan limbah produksi dan pengurangan secara keseluruhan dalam jumlah plat yang digunakan.
RESIKO NILAI TUKAR
Eastman Park Micrographics komitmen
yang kuat untuk bisnis ini mikrofilm, Dengan melihat prospek yang sangat baik
untuk pertumbuhan jangka panjang. Eastman Park Micrographics berkomitmen untuk
berinvestasi dalam bisnis untuk mendukung pengembangan lebih lanjut. Dengan
berharap untuk kesempatan untuk melanjutkan menyediakan pelanggan dengan
tingkat kualitas dan kepuasan yang ditetapkan oleh Kodak. Kodak sebelumnya
telah dikomunikasikan bahwa akan menjual aset non-inti untuk menghasilkan uang
tunai untuk mendanai penyelesaian transformasi menjadi perusahaan digital.
Perjanjian ini sejalan dengan program itu. Berdasarkan perjanjian penjualan,
diantisipasi bahwa karyawan di Rochester dan North Carolina yang secara
langsung sesuai dengan bisnis akan bergabung Eastman Micrographics Park dan
afiliasinya. Eastman Park Micrographics akan menyewakan ruang di Eastman
Business Park untuk melayani sebagai pusat bisnis micrographics. Konversi
layanan data bisnis akan terus didasarkan di North Carolina. Keuangan syarat
penjualan tersebut tidak diungkapkan.
Dalam perusahaan resiko nilai tukar
terdapat pada mata uang keras dalam dunia pemasaran, dan merek konsumen utama
yang berpaling kepada Vertis. Dengan mengharapkan dukungan dan kemasan
pemasaran solusi canggih yang jelas posisi mereka di pasar yang ramai. Dalam
FLEXCEL Sistem NX Kodak menunjukkan komitmen Vertis untuk memberikan keunggulan kompetitif yang
berbeda melalui desain paket unggul mereka dapat memberikan dengan cepat dan
efisien. Tidak seperti sistem platemaking flexographic, yang FLEXCEL NX Sistem
menggunakan teknologi yang unik untuk memproduksi piring dengan rata atas
struktur kokoh. Konfigurasi bersama dengan memenangkan penghargaan KODAK
DIGICAP NX Screening, adalah kunci untuk unggul pada kinerja pers dan
memberikan cetak yang konsisten, berulang dan dapat diprediksi dengan dampak
peningkatan yang lebih jelas dan secara akurat mencerminkan branding produk.
Teknologi canggih ini dapat memberikan hasil yang melampaui dicapai dengan teknologi
pelat tradisional, memungkinkan pembeli cetak untuk mengambil keuntungan dari
fleksibilitas dan efektivitas biaya-of flexography tanpa harus kompromi tingkat
kualitas cetak mereka biasanya harapkan dari gravure, offset atau cetak digital
.
TINGKAT GAJI ATAU UPAH KETIDAKPASTIAN
Dalam
perusahaan kodak yang dilakukan pada negara United Stated tingkat gaji atau
upah ketidakpastian tidak disebutkan secara jelas. Yang disebutkan dalam
perusahaan ini merupakan inovator imaging pada tingkat efektivitasnya. Dengan
tujuan untuk membantu kegiatan bisnis yang terkemuka didunia bisnis. Kegiatan
yang dilakukan sesuai konsep yang ada. Tidak jauh dengan tujuan dan tidak
menyimpang terhadap konsep yang telah dibuat.
Industri : Produk Mikrofilm
Masalah :
- Relokasi pembuatan dan produk yang diluncurkan
- Resiko nilai tukar
- Ketidakpastian upah gaji
Lokasi : Taiwan
PRODUK MIKROFILM PADA NEGARA TAIWAN
Kodak telah menjadi
pemimpin dunia dalam pencitraan selama lebih dari 110 tahun dengan bisnis yang
terdiversifikasi di semua bidang halida perak dan digital imaging. Bentuknya seperti Kodak Imaging, Kodak
Profesional, Imaging Dokumen, dan Terapan Digital Imaging, Imaging Motion
Profesional dan Imaging Kesehatan. Dalam diversifikasi portofolio produk
Perusahaan milik meliputi fotografi film, kertas dan bahan kimia untuk konsumen
dan penggunaan profesional, peralatan pengolahan film, kamera otomatis, gambar
film gerak, pencitraan film diagnostik medis dan peralatan, produk digital
imaging termasuk kamera digital, scanner, printer, proses gambar digital dan
mencetak sistem, perangkat lunak manajemen warna, mikrofilm, CD Dapat diubah
dan manajemen dokumen sistem komersial dan perangkat lunak. Setelah transaksi
dengan China selama beberapa dekade, Kodak secara resmi memasuki pasar Cina
pada tahun 1927 dengan cabang di Shanghai. Kantor Regional di Hong Kong dan
Shanghai mengawasi Greater China Daerah termasuk Hong Kong, China dan Taiwan.
Kodak mengatur Xinhui
KH Optical Co, perusahaan patungan, pada tahun 1994 untuk memproduksi optik.
Pada tahun 1995, Kodak Produk Elektronik (Shanghai) Co didirikan di Pudong,
Shanghai. Pada tahun 1996 pabrik Pudong memperluas produksinya dari memproduksi
papan sirkuit elektronik untuk kamera otomatis. Pada tahun yang sama, Kodak
mengatur Kodak Fotografi Equipment (Shanghai) Co yang memproduksi peralatan
pengolahan film.
Di Taiwan, Baso
Precision Optics Ltd didirikan pada tahun 1986. Kodak Imaging Centres di Hong
Kong, Beijing dan Shanghai dan pemerintah melayani segmen bisnis. Kodak juga
memiliki pusat pengembangan software di Shanghai. Pada tahun 1994, Kodak
meluncurkan Kodak Express, sebuah program internasional yang didukung konsumen
pencitraan-saluran Kodak, di Hong Kong dan Cina.
ANALISIS PRODUK MIKROFILM YANG TERDAPAT DI TAIWAN
RELOKASI PEMBUATAN DAN PRODUK YANG DILUNCURKAN1.
- Header Image file memfasilitasi indeks dan file manajemen gambar di komputer host Anda. SCSI-2 interface komputer menyederhanakan integrasi ke dalam solusi imaging elektronik.
- KODAK IMAGELINK Smart Kaset kunci menyimpan informasi, pengaturan pekerjaan, dan alamat gambar terakhir. Mereka juga membantu memastikan bodoh-bukti mikrofilm dengan memonitor threading mikrofilm dan hilangnya ketegangan. Minimum satu kaset diperlukan untuk mendukung mikrofilm.
- Pilihan simplex, duplex, atau duo mikrofilm. Dua gulungan mikrofilm bisa terkena secara bersamaan untuk keamanan tambahan.
- The Adaptive Threshold Processor (ATP) secara dramatis meningkatkan kemampuan thresholding dinamis pemindai, mengurangi kebutuhan untuk menyortir dokumen oleh warna, kepekatan cetak, atau kualitas. Dokumen-dokumen ini dapat dipindai ketika bercampur, namun menghasilkan seragam, gambar yang beredar.
RESIKO NILAI TUKAR
Dalam perusahaan
kodak yang terdapat pada negara Taiwan , Kodak memiliki manufaktur beroperasi
di AS, Kanada, Meksiko, Brasil, Inggris, Perancis, Jerman, India, Australia dan
China. produk Kodak yang tersedia di lebih dari 150 negara. Resiko yang
dihasilkan akan berdampak pada berbagai negara terutama di Negara Asia
Tenggara. Pengaruhnya secara global dapat bersaing dengan negara lain yang
mempunyai bisnis yang sama. Setelah transaksi dengan China selama beberapa
dekade, Kodak secara resmi memasuki pasar Cina pada tahun 1927 dengan cabang di
Shanghai. Membentuk film baru dan operasi pembuatan kertas fotografi di Wuxi,
Shantou dan Xiamen, perusahaan ini juga memiliki tiga pabrik manufaktur
peralatan di Cina dan satu di Taiwan.
TINGKAT GAJI DAN KETIDAKPASTIAN UPAH
Dalam hal ini
perusahaan memberikan upah ketidakpastian dengan tidak disebutkan secara
menyeluruh. Tingkat gaji atau upah ketidakpastian ini tidak disebutkan secara
menyeluruh dikarenakan terdapat cara atau konsep yang berbeda atau tidak sesuai
yangdirencanakan. Perusahaan menghasilkan tingkat gaji atau upah ketidakpastian
melalui aspek- aspek yang menggunakan beberapa alternatif yang berbeda dengan
yang lain. Maka dari itu, aspek yang disebutkan tidak disebutkan secara global.
Industri : Produk Mikrofilm
Masalah :
- Relokasi pembuatan dan produk yang diluncurkan
- Resiko nilai tukar
- Ketidakpastian upah gaji
Lokasi : Australia
Mikrofilm produk
dari negara Australia ini bernama Kodak Australia Pty, Ltd. Dalam produk
mikrofilm ini dunia fotografi di Amerika dan Australia berkembang pesat. Pada tahun 1908 Baker & Rouse Pty. Ltd
(sebuah perusahaan fotografi grosir & eceran di australia) ditunjuk sebagai
agen tunggal Kodak di Australia oleh
George Eastmen (pendiri Kodak di
Amerika). Hal ini lah yang menyebabkan
perluasan bisnis dan pembentukan Kodak Austalia Limited.. Pada tahun 1920
perusahaan ini terdaftar sebagai Kodak Australia Pty, Ltd.
ANALISIS PRODUK MIKROFILM YANG TERDAPAT DI NEGARA AUSTRALIA
RELOKASI
PEMBUATAN DAN PRODUK YANG DILUNCURKAN1.
Kodak Australia Pty, Ltd. Telah
menjadi produsen penting dan distributor
produk fotografi di Australia. Produk yang dibuat secara lokal adalah
pelat fotografi, piring kaca, roll film, kertas foto, amplop, pemrosesan bahan
kimia, gulungan, kaset, kotak slide, dan kamera. Kodak Australasia Pty Ltd juga
telah berhasil mengembangkan inovasi dalam kimia fotografi dan teknologi
manufaktur.
Melalui inovasi
yang berkelanjutan dan inovasi yang tanpa henti mengejar kualitas, kodak membuat digital scanning dokumen. Dokumen
scanne paling populer, yaitu menangani 75 halaman permenit dan juga dapat
memindai gambar pada resolusi tinggi. Kodak adalah yang terdepan dalam bidang
digital imaging. Produk yang ditawarkan selalu scanner dan aplikasi foto
terbaru melalui keajaiban digitalisasi.
RESIKO NILAI TUKAR
Pada tanggal 31
Desember 2003, nilai wajar kontrak berjangka valuta asing lindung nilai
penjualan mata uang asing antar mata adalah kerugian yang belum direalisasi
sebesar $ 15 juta (sebelum pajak), dicatat dalam akumulasi pendapatan
komprehensif lain (rugi) dalam Laporan Konsolidasi menyertai Ekuitas. Jika
jumlah ini untuk diwujudkan, semua itu akan direklasifikasi ke dalam biaya
pokok penjualan selama dua belas bulan ke depan. Selain itu, menyadari kerugian
kurang dari $ 1 juta (sebelum pajak), terkait dengan menutup kontrak valuta
asing lindung nilai penjualan mata uang asing antar mata uang, telah
ditangguhkan yang diakumulasi dalam pendapatan komprehensif lain (kerugian).
Kerugian ini akan dipindahkan ke harga pokok penjualan sebagai persediaan
dialihkan sehubungan dengan penjualan produk antar perusahaan dijual kepada
pihak ketiga, semua dalam dua belas bulan ke depan. Selama tahun 2003, kerugian
sebelum pajak sebesar $ 24.000.000 telah direklasifikasi dari akumulasi pendapatan
komprehensif lain (rugi) dengan biaya pokok penjualan.
KETIDAKPASTIAAN
UPAH
Kodak juga dikenal
untuk membina budaya kerja yang bertanggung jawab dan modern. Perusahaan ini
mempekerjakan generasi Melburnians, yang biasanya menghabiskan seluruh hidup
mereka bekerja dengan Kodak. Mereka termasuk sejumlah keluarga yang diri
memberikan berbagai generasi pekerja (turun temurun).
Dalam perusahaan kodak
yang terdapat di Negara Australia, ketidakpastian tingkat gaji ini masih belum
dijabarkan secara menyeluruh. Prospek kedepan memiliki cara- cara yang berbeda
dengan yang lain. Dalam hal ini perusahaan mampu menerapkan metode- metode baru
yang berbeda dengan yang lain. Dalam perusahaan
kodak yang terdapat di Negara Australia tingkat gaji atau upah ketidakpastian
ini masih belum dijabarkan secara menyeluruh. Prospek kedepan memiliki cara-
cara yang berbeda dengan yang lain. Dalam hal ini perusahaan mampu menerapkan
metode- metode baru yang berbeda dengan yang lain. Metode ini dilakukan dengan
tujuan dapat mengahsilkan inovasi baru yang prospeknya jelas sesuai konsep.
- Mengapa para manager Kodak memutuskan untuk memindahkan lokasi perusahaan microfilm dan printer ke luar negeri ?
- Atas analisis Keith dan Andy, mereka menyimpulkan bahwa perusahaan Kodak tidak perlu direlokasi. Apa kami setuju? Apa alasannya ?
- Apa yang akan saya rekomendasikan kepada Kodak Management apabila saya menjadi Manager dalam perusahaan tersebut ?
Dan Menurut pendapat kelompok
kami :
1.
Relokasi pabrik ini dianggap penting
sebagai usaha untuk menekan biaya produksi.
2. Iya kami setuju bahwa pabrik Kodak Microfilm dan Printers tetap berada di
Rochester, New York karena Keunggulan Rochester sebagai pemilihan lokasi pabrik
ini salah satunya adalah karena sejak awal berdirinya, Kodak sudah didirikan di
Amerika Serikat. Oleh karena itu, Kodak sudah mengetahui dengan pasti mengenai
aturan upah tenaga kerja, pajak, serta tidak perlu memikirkan tentang
ketidakpastian nilai tukar lantaran masih sama-sama menggunakan mata uang USD.
3. Jika kami sebagai Manajer Kodak, kami setuju terhadap pendapat Andrew dan
Keith tersebut. Dikarenakan jika harus merelokasi pabrik, akan diperlukan biaya
yang cukup besar untuk pembangunan pabrik baru beserta pemindahan
peralatan-peralatan. Dengan tetap berada di Rochester, perusahaan tidak perlu
memikirkan mengenai perbedaan tingkat nilai tukar.
BAB III
PENUTUP
REKOMENDASI UNTUK MANAJEMEN KODAK
Taruhan
terbesar
Kodak adalah printer inkjet yang diharapkan untuk meraih pasar printer
rumahan
sejumlah $50 miliar. Strategi kunci Kodak adalah teknologi cetak
revolusioner
yang secara dramatis dapat mengurangi jumlah tinta yang digunakannya.
Hal ini
menjadikan Kodak mengenakan harga sangat rendah untuk tinta cartridge
printer.
Model bisnis in justru bertolak belakang dengan Hewlett Packard yang
divisi inkjetnya memperoleh laba yangbesardari penggantian tinta
cartridge.
APA YANG AKAN BERUBAH (MISALNYA: TINGKAT UPAH, NILAI TUKAR, DLL) SEBELUM MENINJAU KEMBALI KEPUTUSAN ITU ?
APA YANG AKAN BERUBAH (MISALNYA: TINGKAT UPAH, NILAI TUKAR, DLL) SEBELUM MENINJAU KEMBALI KEPUTUSAN ITU ?
Kodak Memaksimalkan
ROI Anda Dengan Best Practice prepress Workflow
Keberhasilan investasi dalam peralatan modal dapat diukur terhadap sejumlah target yang telah ditentukan, seperti, peningkatan kapasitas, produksi meningkat, bisnis menang dan peningkatan keuntungan. Namun, ketika datang ke tokoh-tokoh hitam dan putih tidak dapat dibatalkan itu adalah kembali cepat-dicapai dan jelas-didokumentasikan atas investasi (ROI) yang menggaris bawah efektifitas dari setiap pengeluaran. Tepat mengukur ROI sangat penting untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang dampak dari apa yang lebih dari mungkin keputusan pembelian paling mahal dan penting bisnis Anda kemungkinan akan membuat. Hal ini juga salah satu yang akan membentuk dan menentukan arah bisnis yang diperlukan untuk jangka waktu pendek dan menengah. Sehari-hari, untuk pekerjaan pengukuran kerja tidak hanya menggambarkan dan mendukung keputusan untuk melakukan investasi bisnis di tempat pertama tetapi juga dapat menentukan efisiensi tambahan dan perbaikan operasional yang dapat diperkenalkan. Ini termasuk cara untuk mengurangi limbah kertas, memungkinkan penghematan tinta untuk memangkas biaya, meningkatkan perencanaan pekerjaan yang mengarah ke alur kerja yang optimal sehingga meningkatkan produktivitas. Analisis semacam itu menyediakan printer dengan transparansi yang lebih besar dalam pekerjaan penetapan biaya yang dapat menyebabkan estimasi lebih akurat dan juga memungkinkan mereka untuk menyajikan angka yang tepat untuk pelanggan mereka untuk pemahaman yang lebih baik. Semua ini membantu menciptakan hubungan yang lebih kuat dan lebih terbuka, yang merupakan inti dari apa yang kebanyakan usaha berusaha untuk mencapai.
Keberhasilan investasi dalam peralatan modal dapat diukur terhadap sejumlah target yang telah ditentukan, seperti, peningkatan kapasitas, produksi meningkat, bisnis menang dan peningkatan keuntungan. Namun, ketika datang ke tokoh-tokoh hitam dan putih tidak dapat dibatalkan itu adalah kembali cepat-dicapai dan jelas-didokumentasikan atas investasi (ROI) yang menggaris bawah efektifitas dari setiap pengeluaran. Tepat mengukur ROI sangat penting untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang dampak dari apa yang lebih dari mungkin keputusan pembelian paling mahal dan penting bisnis Anda kemungkinan akan membuat. Hal ini juga salah satu yang akan membentuk dan menentukan arah bisnis yang diperlukan untuk jangka waktu pendek dan menengah. Sehari-hari, untuk pekerjaan pengukuran kerja tidak hanya menggambarkan dan mendukung keputusan untuk melakukan investasi bisnis di tempat pertama tetapi juga dapat menentukan efisiensi tambahan dan perbaikan operasional yang dapat diperkenalkan. Ini termasuk cara untuk mengurangi limbah kertas, memungkinkan penghematan tinta untuk memangkas biaya, meningkatkan perencanaan pekerjaan yang mengarah ke alur kerja yang optimal sehingga meningkatkan produktivitas. Analisis semacam itu menyediakan printer dengan transparansi yang lebih besar dalam pekerjaan penetapan biaya yang dapat menyebabkan estimasi lebih akurat dan juga memungkinkan mereka untuk menyajikan angka yang tepat untuk pelanggan mereka untuk pemahaman yang lebih baik. Semua ini membantu menciptakan hubungan yang lebih kuat dan lebih terbuka, yang merupakan inti dari apa yang kebanyakan usaha berusaha untuk mencapai.
KESIMPULAN
- Kodak merupakan perusahaan pelopor microfilm pertama.
- Nilai tukar sangat berpengaruh terhadap perkembangan perusahaan Kodak dalam berinvestasi (risiko nilai tukar terdapat pada nilai mata uang di tiap-tiap Negara dalam dunia pemasaran).
- Tingkat gaji perusahaan kodak tidak dipublikasikan, hal ini dikarenakan terdapat cara dan konsep yang berbeda atau tidak sesuai dengan yang direncanakan dari satu perusahaan Kodak ke perusahaan Kodak lainnya.
Pada kesimpulan diatas dapat diketahui bahwa :
1. Pada Negara US (Amerika
Serikat) menghasilkan produk imaging system yang profesional. Dengan dilengkapi
teknologi- teknologi yang canggih didalamnya, sehingga hasil yang diciptakan
menghasilkan cetak yang maksimal. Tingkat keefektivitasnya sangat efisien.
Tingkat produksinya mencapai tingkat kualitas yang sangat tinggi. Kualitas yang
sangat tinggiinilah dapat menjadi nilai positif dan akan mampu bersaing yang
kompetitif.
2. Pada Negara Taiwan
menghasilkan produk imaging system dengan kualitas unik yang berbeda dengan
negara- negara penghasil produk imaging system yang lain. Dalam produk imaging
system pada negara Taiwan mampu menghasilkan sesuatu produk yang profesional
yang berkekuatan tinggi. Kekuatan yang dimiliki ini mampu dijadikan sumber
nilai yang dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal dengan kinerja
efektifitasnya yang optimal. Sehingga mampu bersaing di lingkungan yang
kompetitif dan menghasilkan cabang bisnis di beberapa negara seperti Beijing,
Cina, Hongkong dan lain- lain
3.
Pada Negara Australia
juga menghasilkan produk imaging system yang produknya merupakan produk bisnis
turun temurun. Produk yang dihasilkan mampu menembus bisnis yang internasional.
Dalam produk ini dilengkapi dengan fitur- fitur yang berkualitas tinggi.
Sehingga produk yang dihasilkan akan mudah menghasilkan cetak yang bagus dan
tidak mudah rusak.
Dalam hal ini
menurut kelompok kami, dari ketiga negara tersebut produk imaging system yang
memiliki kualitas baik dan mampu bersaing yang kompetitif ialah produk imaging
system buatan negara Taiwan yaitu KODAK IMAGELINK. Karena dilengkapi dengan
fitur- fitur yang modern dapat menarik
konsumen/ pembeli untuk tertarik membeli produk itu. Strategi operasi yang
digunakan adalah strategi operasi yang multinasional. Yang tahapan manajemen
operasinya dapat mengglobal dan mampu menghasilkan cabang bisnis ke berbagai
negara- negara tingkat internasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar