Makalah MOG tentang Hewlett-Packard (HP) Singapura

 on Selasa, 17 Juli 2012  

BAB I PENDAHULUAN


Latar Belakang


Hewlett Packard Singapura
Hewlett-Packard (HP) adalah perusahaan terbesar di dunia IT. Ada perbedaan besar antara budaya nasional Singapura dan Amerika Serikat, khususnya dalam dimensi Hofstede individualisme, menghindari ketidakpastian dan kekuasaan jarak (Hofstede, 2003). Namun, budaya bisnis Singapura yang ‘kebarat-baratan’ karena untuk ekonomi yang mereka anut berbasis teknologi dan adanya pertumbuhan multinasional organisasi. Ada kecenderungan teknologi portabel dan kompak dalam pasar global TI. Kecenderungan ini mencerminkan beberapa strategi pembangunan utama yang digunakan oleh HP, yang digunakan untuk meningkatkan pangsa pasar di bidang-bidang seperti komputer portabel. HP juga mengembangkan nya perangkat lunak dan sektor jasa untuk mempertahankan daya saing dengan perusahaan lain dan cepat dalam mengembangkan sektor jasa IT di India. HP Singapura memiliki struktur organisasi divisi. Pernyataan Misinya menunjukkan bahwa itu adalah sebuah perusahaan visioner yang misinya adalah pusat operasinya. HP dibagi menjadi empat utama usaha kelompok, PC meliputi’s, server, imaging dan produk percetakan, serta TI layanan dan penyimpanan.


Profil Perusahaan

Hewlett-Packard Company NYSE: HPQ, dikenal umum sebagai HP, adalah salah satu perusahaan teknologi informasi terbesar dunia. dengan total pendapatan $ US91.7 miliar pada tahun 2006 (Hewlett-Packard, 2007). HP berbasis di Amerika Serikat dan beroperasi di lebih dari 170 negara. Laporan ini akan menganalisa operasi HP di Singapura, di mana perusahaan telah berbasis kantor pusat untuk kawasan Asia Pasifik. Hewlett-Packard dibangun oleh dua orang yang bernama Bill Hewlett dan Dave Packard. Bermarkas besar di Palo Alto, California, Amerika Serikat, perusahaan ini memiliki keberadaan global dalam bidang komputasi, percetakan, dan gambaran digital, dan juga menjual perangkat lunak dan pelayanan jasa lainnya.

HP ingin menjadi “itu” ketika datang ke TI. Hewlett-Packard menyediakan salah satuportofolio dunia teknologi paling komprehensif dari perangkat keras, perangkat lunak,dan jasa. Produk meliputi PC, server, perangkat penyimpanan, printer, dan peralatanjaringan. Unit pelayanan Its menyediakan TI dan proses bisnis outsourcing,pengembangan aplikasi dan manajemen, konsultasi, integrasi sistem, dan layananteknologi lainnya. Produk perangkat lunak HP termasuk perusahaan manajemen TI,manajemen informasi, intelijen bisnis, dan carrier-grade aplikasi komunikasi. Pasarperusahaan untuk konsumen, bisnis, instansi pemerintah, dan sekolah-sekolah di lebihdari 170 negara; sekitar dua-pertiga dari penjualan berasal dari luar AS.

Pesaing utama HP dalam bisnis PC termasuk:

  • Dell
  • Gateway,
  • Inc.
  • Lenovo (Purchased IBM’s Non-server Computer Business)
  • Sony
  • Toshiba

Brikut adalah sejarah berdirinya perusahaan Hewlett Pacard.

Salah seorang pendiri perusahaan Hewlett Packard adalah William R. Hewlett. Hewlett lahir pada tanggal 20 Mei 1913 di Ann Arbor, Mich. Pada tahun 1939, Hewlett mendirikan perusahaan Hewlett-Packard (HP) bersama dengan David Packard yang meninggal pada tahun 1996.


Perusahaan ini didirikan hanya dengan modal awal $ 538. Nama Hewlett-Packard tentu saja diambil dari nama mereka masing-masing. Di Hewlett-Packard Company, Hewlett pernah memegang berbagai jabatan penting. Namun sejak tahun 1978, Hewlett berhenti dari jabatannya sebagai Chief Executive Officer.

Semasa menjadi mahasiswa, Hewlett menerima beberapa gelar dari berbagai universitas. Pada tahun 1934, Hewlett mendapat gelar B.A (Bachelor of Arts) nya dari Stanford University. Gelar masternya dalam bidang Electrical Engineering, ia dapat dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada tahun 1936. Dan 3 tahun kemudian, Hewlett menerima gelar insinyur dari Stanford University. Perlu diketahui juga bahwa Hewlett adalah orang yang menerima 13 Honorary Degrees dari berbagai universitas.
Sewaktu belajar di Stanford University, dia bertemu dengan David Packard yang akhirnya menjadi sahabat baik Hewlett. Perjalanan karir Hewlett bisa dibilang menarik. Selama perang dunia ke-2, Hewlett pernah bekerja di Angkatan Perang Amerika. Selama masa tugasnya di Angkatan Perang Amerika, Hewlett termasuk kedalam sebuah tim yang bertugas menginspeksi industri jepang ketika perang dunia ke-2 berakhir. Tahun 1947, Setelah kembali dari tugasnya itu, Hewlett pergi ke Palo Ato.


Ia mulai bekerja di perusahaan yang dia dirikan bersama David Packard itu, dan menjabat sebagai wakil presiden di Hewlett-Packard.company. Tahun 1957, menjabat Executive Vice President. 7 tahun kemudian, Hewlett menjabat sebagai President of HP. Pada tahun 1969, ia menjabat Chief Executive Officer. Hewlett memegang jabatan ini selama 9 tahun. Tahun 1978, dia berhenti dari jabatannya itu.

Hewlett adalah salah seorang yang mengabdikan hidupnya untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, pada tahun 1985, Presiden Amerika Ronald Reagan memberikan penghargaan National Medal of Science kepada William R. Hewlett atas jasa-jasanya dalam mengembangkan IPTEK. Penghargaan yang Hewlett terima adalah penghargaan science tertinggi di Amerika. Hewlett juga adalah orang yang mempunyai perhatian besar terhadap masalah-masalah pendidikan, kesehatan dan sosial. Dia telah banyak bekerja di berbagai instansi-instansi, seperti di Stanford Medical Center, Kaiser Foundation Hospital, The Carnegie Institution of Washington dan Drug Abuse Council yang berada di Washington.

William R. Hewlett meninggal pada 12 januari 2001, saat berusia 87 tahun. Namun, nama Hewlett akan tetap selalu dikenang oleh banyak orang karena perusahaan yang dia dirikan bersama David Packard, merupakan salah satu perusahaan terbaik di dunia yang bergerak dalam bidang IT (Information Technology). Hewlett-Packard produktif menciptakan berbagai alat seperti PDA (Personal Digital Assistant), printer, komputer dan lainnya. Kini, barang-barang produksi Hewlett-Packard banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.


Main Case

Industri : Hi-tech (Hewlett-Packard printers)
Masalah : Pengembangan Produk Internasional, Menganalisis fasilitas jaringan global, Fasilitas maquiladora
Lokasi : Singapura / Kanada; Meksiko
Kasus Utama : Hewlett – Packard Singapura
***

Sudah lebih 20 tahun Hewlett Packard mengatur perusahaannya yang ada di Singapura untuk memproduksi kalkulator, HP telah memberikan kemampuan manajerialnya dan sumber daya untuk mengembangkan lisensinya dalam pengembangan teknologinya. Detail kasus dalam meningkatkan pertumbuhan volume kapasitas perusahaan dan pengaturan failitas R & D. Dari beberapa proyek dijelaskan , dimana Singapura memberikan kontribusi dalam peningkatan jumlah ketrampilan yang mengarahkan kepada berbagai upaya untuk mengatasi kegagalan dalam pengembangan co-printer baru. Dan kini Singapura merasa siap untuk mengembangkan printer pada pasar di Jepang. Dan dari kasus tersebut muncul pertanyaan, apakah HP benar – benar siap atau tidak melaukan trobosan tersebut. Ada juga masalah apakah pengembang mampu memahami pasar Jepang dengan baik.
Apakah yang menyebabkan proyek Apex gagal?
Apakah mungkin HP-Singapura mampu memasuki pasar Jepang dengan produknya yang berupa printer Deskjet 500J


Landasan Teori

Perusahaan Multinasional (Multinational Corporation) yaitu perusahaan yang terlibat banyak dalam bisnisinternasional, mempunyai atau mengendalikan fasilitas di lebih dari satu negara, contoh The Body Shop.

Perusahaan induk memberikan kebebasan kepada anak perusahaan untuk mengembangkan produkdan praktek mereka sendiri serta senantiasa memberikan pelaporan keuangan (desentralisasi).

Strategi ini menimbulkan kendurnya pengendalian oleh perusahaan induk (kantor pusat), dan sisteminformasi memudahkan desentralisasi dalam pengambilan keputusan strategis serta terdiri dariproses dan database yang beridiri sendiri (oleh anak perusahaan).

Strategi Majanemen Oprasi Global


Manajer Operasi pada saat ini harus mempunyai strategi untuk menghadapi persaingan global. Pertumbuhan yang cepat pada pasar dan perdagangan dunia mengakibatkan banyak organisasi harus memperluas operasinya secara global. Banyak standar baru pada lingkungan global seperti kualitas, variasi, kenyamanan, customization, ketepatan waktu dan biaya yang harus diperhatikan. Strategi globalisasi memberikan efisiensi dan nilai tambah pada barang dan jasa yang ditawarkan, tetapi juga menambah rumit pekerjaan manajer operasi.

Tugas manajer operasi adalah menerapkan startegi manajemen operasional yang dapat meningkatkan produktivitas, sistem transformasi dan memberikan keunggulan bersaingan. Sedangkan strategi operasi adalah : suatu strategi fungsional yang harus berpedoman pada strategi bisnis agar dapat menghasilkan suatu pola yang konsisten dalam keputusan-keputusan operasi.

Ada beberapa alasan mengapa suatu operasi bisnis domestik berkembang menjadi operasi bisnis internasional, yaitu :
Mengurangi biaya, lokasi di tempat lain atau asing dengan upah pekerja, pajak, dan tarif yang lebih rendah dapat membantu menurunkan biaya.
Memperbaiki rantai pasokan, sering kali dapat diperbaiki dengan menempatkan fasilitas di negara di mana sumber daya tertentu itu berada.
Menyediakan barang dan jasa lebih baik, dibutuhkan pemahaman yang lebih baik akan budaya setempat, sehingga perusahaan dapat mengkhususkan barang dan jasanya untuk memenuhi kebutuhan yang sesuai dengan budaya tempat pemasaran.
Menarik pangsa pasar baru, operasi internasional membutuhkan interaksi dengan pelanggan asing, pemasok, dan pesaing bisnis lain, maka perusahaan internasional harus mempelajari peluang barang dan jasa baru.
Belajar untuk memperbaiki operasi, perusahaan dapat melayani diri mereka sendiri dan pelanggan dengan baik, bila mereka selalu bersikap terbuka terhadap ide-ide baru.
Mendapatkan dan mempertahankan bakat global, organisasi global dapat menark dan mempertahankan karyawan yang baik, dengan menawarkan peluang kerja yang lebih baik.

BAB II PEMBAHASAN


Hewlett-Packard menetapkan sebuah pos R & D, yang pertama dibuka di bawah direktur laboratorium Prith Banerjee, di suatu negara kunci di kawasan pembuat komputer tercepat-berkembang.

Beberapa tahun lalu, Hewlett-Packard (HP) memulai perombakan laboratorium penelitian secara bertingkat, bertanggung jawab atas beberapa inovasi komputasi yang paling penting dari 40 tahun terakhir. Sekarang, Direktur laboratorium HP Prith Banerjee mengalihkan perhatian ke laboratorium setengah dari HP internasional, yang bertujuan untuk menghasilkan perkembangan mutakhir dari pos-pos ilmiah di Asia, Eropa, dan Timur Tengah.

HP membuka ketujuh laboratorium di Singapura pada tanggal 24 Februari, mendirikan pusat penelitian di suatu negara kunci di kawasan HP pertumbuhan tercepat.

Laboratorium HP juga memfokuskan lebih banyak penelitian di luar negeri pada teknologi komersial yang ada. Laboratorium Singapura, yang terletak di negara-fasilitas penelitian, milik pemerintah fokus pada pembuatan perangkat lunak baru.

Singapura, Cina, dan Korea Selatan adalah negara-negara dengan pertumbuhan penjualan tercepat untuk R & D di luar negeri yaitu perusahaan-perusahaan AS, menurut laporan 18 Januari dari National Science Foundation. Singapura merupakan transportasi, keuangan, dan teknologi.
Pelanggan HP banyak di Asia, di mana penjualan tumbuh 26% selama kuartal pertama perusahaan.

“Jika anda melihat HP dan timbul pertanyaan, dimanakah perusahaan ini akan tumbuh selain di AS, itu bukan di Eropa Barat, dan bukan di Jepang,” kata Henry Chesbrough, seorang profesor di University of California di Berkeley serta eksekutif direktur dari Haas School of Business Center for Open Inovasion, yang mempelajari perubahan praktik penelitian perusahaan.

Melihat kondisi yang demikian HP melakukan pengembangan dalam rangka meningkatkan pendapatan, melalui produk barunya berupa printer Deskjet 500J, perusahaan HP berusaha untuk menembus pasar Jepang yang tadinya belum menjadi target pasar produk ini.

Pada dasarnya bisnis global berkaitan dengan kemampuan dalam mengidentifikasi pasar atau target pasar dengan menggunakan fasilitas – fasilitas global yang bergembang saat ini. Berhasil atau tidaknya menembus pasar global tergantung bagaimana perusahaan mengenali calon pasar yang akan mereka tuju. Bagaimana perilaku pasar, budaya pasar juga keinginan pasar yang ada di negara tersebut. Tentunya dengan didukung dengan kecocokan sumberdaya yang dimiliki perusahaan tersebut. Ketika semua sudah terstruktur dengan baik dan jelas, maka fasilitas global yang ada akan dengan secara maksimal dimanfatkan perusahaan, dan potensi keberhasilan produk dapat terwujut.

Tidak penting produk yang akan kita jual di pasar global ini akan berhasil atau tidak, tetapi tergantung pada perusahaan itu dalam menyusun strategi untuk menembus pasar global, khususnya Jepang yang akan dijadikan sebagai target pasar produk ini.

Fasilitas maquiladora.


Istilah maquiladora berasal dari kata maquila Spanyol, yang di Meksiko kolonial merupakan biaya yang dikumpulkan untuk pabrik pengolahan gandum. Maquiladora, atau sering disebut Maquila adalah perusahaan yang digunakan untuk produksi barang berdasarkan baku impor sementara bahan dan peralatan untuk transformasi di Meksiko dengan ekspor selanjutnya untuk distribusi di Pasar asing .


Istilah dalam industri obligasi mengacu pada konsep industri tradisional, di mana komponen yang diimpor ke Meksiko diimpor dengan status berikat untuk menjamin bahwa mereka tidak menjual di pasar Meksiko tetapi diekspor setelah mereka dirakit menjadi jadi atau produk setengah jadi.


Maquiladora merupakan pabrik di Meksiko yang cukup terkenal yang mengimpor bahan mentah dan memproduksi barang untuk di eksport.


Industri maquiladora telah mengukuhkan diri dariekonomi Meksiko . Dewan maquiladora Industri didirikan pada tahun 1965, dan memperoleh suara kuat sebagai tahun berlalu, akhirnya menjadi sebuah badan pemerintah utama dalam pertengahan 70′s. Pada tahun 1982 dan sekali lagi pada tahun 1994, pemerintah Meksiko mendevaluasi peso ke tingkat yang tajam menurunkan tingkat produktif buruh Meksiko. Daya beli pekerja menurun tajam 1987 1994. Pada Desember 1987, seorang buruh Meksiko diperlukan untuk bekerja delapan jam dan 36 menit untuk bekerja, Pada bulan Desember 1998, pekerja harus bekerja 34 jam untuk melakukan kerja yang sama, kiniupah tenaga kerja semakin murah sehingga menyebabkan investasi asingdari negara Asia banyak di Meksiko. Sebelum tahun 1982, perekonomian Meksiko telah tertutup. Dengan pemilihan presiden baru, mereka ”Membuka” perdagangan perbatasan mereka. Ketika mencoba untuk tetap independen dari AS, mereka mencoba mengambilkeuntungan dari perdagangan dan kedekatan dengan Amerika Serikat.Keinginan untuk memasukkan Ekonomi internasional mengakibatkan keterlibatan dalam GATT, Persetujuan Umum tentang Perdagangan dan Tarif. Pada tahun 2001, ekspor maquiladora mewakili hampir setengah dari total ekspor Meksiko, menghasilkan lebih dari $ 19 milyar pada valuta asing. Sejak tahun 1998, maquiladora’s menjadi top Meksikovaluta asing generator, diikuti oleh minyak dan gas bumi, kiriman uang migran dan pariwisata. Selanjutnya, industri mempekerjakan hampir 10 persen dari sektor formal pekerja Meksiko , yang setara dengan sekitar 3 persen dari total angkatan kerja di negeri ini.


Berikut adalah beberapa keuntungan PENGATURAN UP A maquiladora sehingga dirikannya operasi maquiladora di Meksiko :
  • · 100% perusahaan milik asing dan operasi.
  • · biaya tenaga kerja rendah (sebuah perusahaan dapat menghemat antara $ 17.000 $ 30.000 per pekerja per tahun).
  • · Ketersediaan izin imigrasi untuk teknisi asing, supervisor dan manajer.
  • · Penyisihan dari perusahaan asing dan individu yang membentuk perusahaan Meksiko untuk memperoleh tanah dan bangunan di wilayah pesisir dan perbatasan (dilarang zona) melaluiperusahaan Meksiko dalam biaya selama penggunaan tanah untuk keperluan industri.
  • · Preferensi tarif pada impor ke Meksiko bahan baku, komponen, mesin dan peralatan yang diperlukan untuk produksi.
  • · Preferensi US Bea Cukai program yang memungkinkan perusahaan AS untuk mengimpor produk baik tugas gratis atau hanya membayar kewajiban pada nilai tambah di Meksiko.
  • · Kuat dan positif kebijakan oleh pemerintah Meksiko terhadap program maquiladora, dan
  • · secara umum, terhadap investasi asing.
  • · Jarak dari Meksiko ke pasar AS.
  • · Peningkatan tambahan industri dan jasa.
  • · 100% akses terhadap penjualan di pasar dalam negeri Meksiko.
  • · Sederhana AS dan Meksiko prosedur customs clearance.
  • · Infrastruktur canggih untuk pemindahan barang.
  • · Berpengalaman hukum dan pelayanan pabean sepanjang perbatasan.
  • · Meksiko teknisi berpengalaman dan supervisor.
  • · Emerging basis dukungan layanan industry

JENIS OPERASI maquiladora

Pada umumnya, ada tiga cara di mana sebuah perusahaan (non-Meksiko) asing dapat terlibat dalam proses maquiladora :

1. Sub Kontrak

Sub kontrak adalah pembentukan sebuah subkontraktor “” hubungan dengan Amerika Serikat atau Meksiko subkontraktor dengan tanaman di Meksiko. Dalam pengaturan ini, perusahaan asing biasanya menyediakankomponen atau bahan baku, peralatan khusus, dll, sementara sub-kontraktor melakukan semua manufaktur atau pekerjaan perakitan dan mengambil tanggung jawab atas proses ekspor-impor juga. Itusubkontraktor biasanya dibayar oleh lembaran, tetapi mungkin dibayar per jam per karyawan.

2. Shelter Operasi

Pembentukan menampung “” operasi dimana perusahaan asing mempertahankan kendali proses produksi, menyediakan penelitian dan pengembangan, bahanbaku, peralatan, modal dan sering kualitas kontrol. Operator penampungan bertanggung jawab untuk operasi yang terkait lainnya,yakni, set-up, hukum, akuntansi, bea cukai dan tenaga kerja serta semua penghubung pemerintah Meksiko, sebagaimana mereka”Rencana Shelter Perjanjian” incian. Perusahaan penampungan kemudian biasanya biaya asing perusahaan pada per jam, per dasar pekerja. Operasi penampungan dapat memberikan manfaat yang signifikan. Ini adalah sarana yang perusahaan asing secara bertahap dapat membentuk operasi sendiri di Meksiko. Sangat penting untuk memiliki tempat tinggal disusun perjanjian-baik ditarik oleh seorang pengacara yang berpengalaman dalam hal ini sebelum terlibat dalam kegiatan apapun. Pengacara itu dapat membantu dalam negosiasi dengan penampungan operator serta merancang perjanjian. Hal ini terutama penting bahwa ketentuan untuk penerapan hukum Amerika harus ditetapkan sebagainya jelas dan tegas dalam perjanjian dalam hal terjadi perselisihan atau kebutuhan untuk menegakkan penilaian.Tugas dan tanggung jawab dari pihak dalam perjanjian harus ditetapkan khusus dan jelas. Ini membutuhkan nasihat berpengalaman akrab dengan maquiladora persyaratan untuk mempersiapkan rencana bisnis disusun dengan hati-hati. Rinci ketentuan untuk semua konsep harus dimasukkan dalam perjanjian penampungan, termasuk jadwal pengiriman, tertib terminasi, pilihan untuk membeli, dll

3. Pemilikan Langsung

Pendirian sebuah perusahaan Meksiko untuk melaksanakan operasi-perakitan manufaktur dengan kontrol langsung yang ditanggung oleh perusahaan induk asing. Dalam hal ini korporasi dapat 100% milik asing, pengecualian untuk posisi bersejarah Meksiko bahwa kepemilikan asing tidak boleh melebihi 49% tanpa otorisasi pemerintah. Proses hukum biasanya berlangsung 4-8 minggu melalui proses disempurnakan melalui penerimaan meja tunggal “” di kota besar kebanyakan. Departemen Hubungan Luar Negeri (Secretaria de Relaciones Exteriores “SRE”) serta izin perusahaan.

Berdasarkan penjelasan diatas ada beberapa poin yang dapat kami garis bawahi untuk menanggapi study kasus HP-Singapura. Dalam kasus kami, di tanyakan “mengapa proyek Apek gagal?”.

Ketika sebuah bisnis yang ingin mengembangkan hasil penjualannya melalui pasar global atau memperoleh pasar di luar negri harus dapat melihat hal – hal yang penting dari pasar terebut. Pada dasarnya semua bisnis memiliki potensi untuk sukses di pasar global. Namun, harus memiliki strategi dalam menyikapi pasar tersebut.

Adapun beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan perusahaan ketika memutuskan untuk masuk pada pasar global yaitu kita harus benar – benar mengerti apa dan bagaimana perilaku, budaya, keinginan, dan selera komsumen yang menjadi sasaran pasar global kita. Dan dengan kecocokan sumber daya yang dimiiki perusahaan akan memudahkan kita mengarah kesusksesan produk yang kita miliki. Manajemen perusahaan yang flexibel, menyesuaikan kondisi pasar global yang kita masuki akan membawa kita untuk berhasil merajai pasar global tersebut.

Jika kita melihat perusahaan HP-Singapura ini, kita tahu HP merupakan produk buatan Amerika yang memiliki ciri atau spesifikasi produk khas, yaitu produk yang tahan lama (mengutamakan kualitas). Sedangkan yang ingin mereka tuju adalah pasar Jepang, dimana konsumen Jepang secara umum menyukai produk – produk yang cepat, canggih, praktis, dan inovatif. Itu menjadikan produk keluaran HP-Singapura ini kurang diminati oleh pasar Jepang.

Dalam kasus ini juga di tanyakan, “ haruskah HP HP-Singapura memasuki pasar Jepang dengan produknya yang berupa printer Deskjet 500J?”. menurut kami, tidak ada yang salah mengenaikeputusan HP-Singapura untuk memasuki pasar Jepang. Namun, harus dipersiapkan secara keseluruhan untuk mendukung keputusan tersebut. HP- Singapura harus benar – benar mengenali pasar Jepang. Tetapi jika tidak demikian, mungkin HP-Singapura untuk mengembangkan pasar global nya memilih pasar yang sesuai dengan standard produk HP.

BAB IV PENUTUP

4.1 KESIMPULAN



Jadi, dalam upaya memperluas pasar atau mengembangkan pasar melalui pasar global, butuh strategi -strategi untuk menembus konsumen tersebut. dan dengan didukung dengan sumberdaya atau manajemen operasi yang berbasis global yang lebih flexible. Karena dalam pasar domestic dan pasar Internasional membutuhkan system atau manajemen operasi yang berbeda (konsumen berbeda).
HP dapat menggunakan beberapa strategi selain memahami secara keseluruhan apa yang menjadi minat dan keinginan masyarakat Jepang. Adapun strategi yang digunakan adalah :

1. Strategi Diversifikasi

HP adalah sebuah teknologi perusahaan yang beroperasi di lebih dari 170 negara di seluruh dunia. HP memberikan bantuan berupa layanan yang dapat memberikan solusi atas masalah yang dihadapi masyarakat maupun perusahaan. Perusahaan ini menawarkan produk portofolio teknologi yang sangat lengkap. Belum ada perusahaan lain yang dapat menyaingi diversifikasi produk yang dimilik oleh HP.

2. Strategi Integrasi Vertikal

Strategi integrasi yang digunakan perusahaan Hewlett-Packard adalah Integrasi ke belakang (Backward Integration) yaitu strategi untuk mencari kepemilikan atau meningkatkan kendali atas perusahaan pemasok. Hal ini dapat dilihat dari pemilihan pemasok tunggal untuk chip yang berasal dari korea.

3. Strategi Intensif

Melalui strategi ini perusahaan Hewlett-Packard berusaha untuk mengembangkan produk yang dihasilkan dengan sebaik mungkin. Kegiatan ini memerlukan usaha-usaha intensif karena posisi persaingan perusahaan dengan produk yang ada ingin ditingkatkan.
Makalah MOG tentang Hewlett-Packard (HP) Singapura 4.5 5 ekosmax Selasa, 17 Juli 2012 BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Hewlett-Packard (HP) adalah perusahaan terbesar di dunia IT. Ada perbedaan besar antara buda...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar